Tutorial Install Ruby on Rails di Windows


Ruby on Rails adalah framework yang dipakai untuk membangung suatu aplikasi web dengan mudah, meskipun saya kurang yakin akan mudah sih. Rails ini dibuat dengan memakai bahasa pemrograman Ruby. Sudah banyak website-website dibangun memakai framework Rails, yang terkenal ada Github, Twitter, dan Shopify.

Seperti framework pada umumnya, Rails ini berkonsep MVC (Model, View, Controller), dimana dia memisahkan data (model) dari tampilannya (view) untuk diproses (controller). Karena konsep MVC ini sudah dipakai banyak framework lain, seperti CodeIgniter dan Laravel, maka Rails ini mudah digunakan jika kita sudah akrab dengan konsep ini.

Tapi ngomong-ngomong, Rails kok bisa banyak yang pakai ya? Berikut ini adalah kelebihan Ruby on Rails yang membuatnya disukai oleh banyak programmer.

ORM Library

Rails sudah tergabung dengan perpustakaan ORM yang bernama Active Record. Sehingga, penulisan query ke database jadi lebih mudah. Misalkan kita punya tabel user dan model user, maka untuk mengambil nilai dari tabel user tadi cukup dengan mengetik "user.all" saja.

Perfect Syntax

Sintaks yang ada di Ruby on Rails terlihat simpel tapi elegan, perfect lah pokoknya. Jadi, kalau dilihat orang
lain itu berestetika. Contoh sintaksnya itu kayak gini.

1.year.ago

atau

2.days.from_now

Sekilas perintahnya mirip seperti tulisan biasa sih, tanpa ada simbol-simbol khusus seperti pada bahasa yang lain.

Dibuat untuk Kemudahan

Pada dasarnya, framework rails ini dibuat untuk memudahkan programmer dalam membuat sebuah aplikasi web. Framework ini menggunakan prinsip "Convention Over Configuration" dimana para penggunanya tidak lagi repot melakukan konfigurasi beberapa pengaturan, seperti konektor ke database.

Kita tidak perlu membuatnya lagi karena alur programnya sudah tersedia. Kita hanya mengisikan beberapa informasi yang diperlukan, seperti host, username, password, nama database, dan tipe server yang akan dipakai, apakah menggunakan Oracle, MySQL, atau yang lain.

Komunitas yang Besar

Pengguna dari Rails ini tidak sedikit. Nah, dari para penggunanya tersebut, kemudian mereka membuat komunitas sebagai sesama pecinta Rails. Banyak kok forum-forum pengguna Rails. Jadi jangan khawatir tidak menemukan solusi ketika codingan ngebug. Kita tanyakan saja pada forum itu.

Cara Install Ruby on Rails di Windows

1. Unduh Installer
Langkah pertama yaitu mengunduh installer-nya yang bisa diunduh dari situs resminya http://railsinstaller.org/en. Kita pilih yang untuk Windows dan versi terbaru.


2. Jalankan Installer seperti biasa. Oh ya, untuk folder instalasi kita letakkan di "c:/xampp/rails"



3. Setelah wizard Finish, maka akan muncul prompt untuk melakukan konfigurasi git. Dia akan meminta kita nama dan alamat email valid. Jika prompt ini sudah selesai, maka tampilannya akan seperti ini


4. Update RubyGem dengan memasukkan prompt di bawah ini pada folder rails tadi

gem install rubygems-update

5. Install rails dengan memasukkan prompt berikut

gem install rails

6. Buat Aplikasi baru. Caranya masukkan perintah di bawah ini pada folder rails

rails new aplikasiku

7. Tunggu beberapa saat untuk proses instalasi. Kalau sudah selesai, aktifkan server untuk melihat hasilnya dengan mengetikkan prompt ini pada path "aplikasiku" tadi

rails server

8. Kalau server sudah berjalan, kita buka browser dan masuk ke alamat http://localhost:3000. Kalau tampilannya seperti di bawah ini berarti sudah berhasil terpasang


Riyan Satria

Merupakan pengurus dari pada Ekstrakulikuler ITC di SMKN 2 Surabaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar