RPL InMove adalah sebuah cerita

RPL InMove adalah sebuah cerita
RPL InMove 2016


RPL Innovators Movement atau lebih dikenal dengan RPL InMove adalah sebuah gerakan bagi teman-teman XI RPL 1 yang menginginkan perubahan di sekolah . Kami percaya untuk menjadi sekolah yang terbaik tidak bisa hanya dengan menunggu , harus ada siswa yang memang peduli dan rela untuk menggunakan segenap tenaganya untuk membuat perubahan bagi sekolah .

Untuk itulah berawal dari banyaknya masalah yang menghampiri XI RPL 1 , 6 siswa yang sering pulang lebih lama daripada lainnya beriniatif untuk memang benar-benar membuat perubahan . Dialah , Yanuar Tri Kristiawan , Ferry Kurnia, Hermawan Arga Saputra, Khalid Aryant, Zulkifly Mustova, dan saya sendiri . Kami membuat sebuah wadah bagi siswa yang diharapkan dapat menjadi sarana pengembangan diri . 

Kami percaya dengan menciptakan ekosistem siswa kreatif di bidang digital teknologi . Kami dapat menciptakan berbagai inovasi baru yang tentu menantang status quo . Lalu bagaimana kami menciptakan ekosistem kreatif tersebut ? RPL InMove adalah jawabannya .

Tepat di ulang tahun Smekda , 12 Januari 2016 , RPL InMove didirikan . RPL InMove merupakan sebuah komunitas siswa kreatif dan peduli untuk menciptakan perubahan . Berbagai kegiatan yang kami lakukan diantaranya adalah meetup , discussion , dan sharing session . 

Meetup adalah kegiatan dimana ada satu orang share ilmu yang diketahuinya . 1 Orang sebagai pembawa meetup dan yang lainnya mendengar . Untuk meetup sendiri sudah dilakukan 6 kali , tepat 2 minggu lamanya setelah didirikan . Meliputi berbagi ilmu pengetahuan .

Untuk Meetup ke 1 , 2 , 3 , 4, 5, dan 6 berturut-turut materi yang disampaikan adalah . How to make powerful slide presentation , Kenalan dengan Carding, First Person Shotter Unity , Simple game with Renpy, Learn App Inventor , dan Happy with App Inventor . 

Lalu , untuk discussion adalah kegiatan dimana kita dapat berdiskusi menemukan sebuah solusi yang gali permasalahannya . Discussion sendiri sudah dilakukan 2 kali di bulan januari . Topik yang kami diskusi kan adalah “How to brave talk with teacher” dan “How to grow achivement thought self potention” . 

Kegitan yang terakhir adalah discussion . Kita dapat berbagai pikiran semua hal yang kita ketahui . Bisa saja berupa trend teknologi terbaru , apa produk google terbaru , dan seputar hal lainnya . 

Selepas di bulan januari , kami berkembang dengan membuat 3 class baru yaitu , Mobile Class , Web Design Class, dan Game Dev Class . Karena kurangnya persiapan dan belum mempunyai pembimbing yang tepat , 3 class diatas tidak jalan .Hari ini adalah senin , 30 mei 2016 . Perjuangan mendirikan ekosistem siswa kreatif masih berlanjut .

RPLInMove dari sebuah komunitas bertransformasi menjadi ITClub . Walaupun belum resmi dan belum diakui oleh sekolah . Kegiatan kami terus berlanjut . Dengan support bapak ibu guru . Kami terus memperjuangkan visi kami . Yakni “Sebagai wadah ekosistem siswa kreatif di SMK Negeri 2 Surabaya” untuk dapat mengekplor semua potensi diri nya . Mengubah potensi diri menjadi aksi nyata . ITClub SMK Negeri 2 Surabaya dengan semboyan “Kreatif , Inisiatif, dan Inovatif dalam bidang digital teknologi” 

Untuk yang terakhir . Saya tutup dengan quotes dari Imam Syafi'i . 
“Jika kau tak tahan lelahnya BELAJAR, Kau harus tahan lelahnya KEBODOHAN” 

Semoga menginspirasi pembaca . (IosiPratama , 30 Mei 2016)

Iosi Pratama

Merupakan pengurus dari pada Ekstrakulikuler ITC di SMKN 2 Surabaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar